Jumat, 15 Januari 2016

Mengangkat Tangan (Raf‘ al-Yadain) ketika Salat

نحمده ونصلي على رسوله الكريم
بسم الله الرحمن الرحيم
وعلى عبده المسيح الموعود

Mengangkat Tangan (Raf‘ al-Yadain) ketika Salat

Sampul kitab Ātsār as-Sunan

Jamaah Muslim Ahmadiyah secara garis besar mengikuti Mazhab Hanafiī dalam permasalahan-permasalahan fikih, termasuk fikih salat. Salah satu perbedaan yang mencirikan kaifiat salat Mazhab anafī – juga Mazhab Mālikī – dengan kedua mazhab lain, yaitu Syāfi‘ī dan anbalī, adalah permasalahan raf‘ al-yadain atau mengangkat tangan ketika salat. Mazhab anafī dan Mazhab Mālikī menyatakan bahwa muallī (orang yang bersalat) cukup mengangkat tangan pada takbīratu-l’irām, sedangkan Mazhab Syāfi‘ī dan Mazhab anbalī menekankan muallī untuk mengangkat tangan pada takbīratu-l’irām, rukuk, dan iktidal. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengetengahkan dalil-dalil Mazhab anafī tentang meninggalkan raf‘ al-yadain selain pada takbīratu-l’irām yang diambil dari kitab Ātsār as-Sunan (cetakan Maktabah al-Busyrā, Karachi, 2011 M/1432 H) karangan Muammad b. ‘Alī an-Naimawī (w. 1322 H), seorang alim Mazhab anafī dari Hindustan, di bawah bab “Meninggalkan Raf‘ al-Yadain selain pada Permulaan”.

عَنْ عَلْقَمَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللّٰهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ: أَلَا أُصَلِّيْ بِكُمْ صَلَاةَ رَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ فَصَلّٰى فَلَمْ يَرْفَعْ يَدَيْهِ إِلَّا فِيْ أَوَّلِ مَرَّةٍ. وَهُوَ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ

“Dari ‘Alqamah b. Qais, dia berkata: arat ‘Abdullāh b. Mas‘ūdra berkata: Maukah kalian melihat Aku bersalat seperti arat RasūlullāhSAW bersalat? Kemudian, beliau pun bersalat dan beliau tidak mengangkat tangan, kecuali pada kesempatan pertama.” – Ini adalah hadis yang sahih

عَنْ الْأَسْوَدِ، قَالَ: رَأَيْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِيْ أَوَّلِ تَكْبِيْرَةٍ. رَوَاهُ الطَّحَاوِيُّ وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَهُوَ أَثَرٌ صَحِيْحٌ

“Dari Aswad b. Yazīd, dia berkata: Aku pernah melihat arat ‘Umarra mengangkat tangan pada takbir pertama.” – Ini diriwayatkan a-aḥāwī dan Abū Bakr b. Abū Syaibah serta merupakan atsar yang sahih

عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ عَلِيًّا كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ إذَا افْتَتَحَ الصَّلَاةَ ثُمَّ لَا يَعُودُ. رَوَاهُ الطَّحَاوِيُّ وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَالْبَيْهَقِيُّ وَإِسْنَادُهُ صَحِيْحٌ

“Dari ‘Āṣim b. Kulaib, dari ayahnya: Bahwa arat ‘Alīra senantiasa hanya mengangkat tangan pada takbir yang pertama lalu tidak mengulanginya.” – Ini diriwayatkan a-aḥāwī, Abū Bakr b. Abū Syaibah, dan al-Baihaqī serta isnadnya sahih

عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ ابْنِ عُمَرَ فَلَمْ يَكُنْ يَّرَفَعْ يَدَيِهْ إِلَّا فِيْ التَكْبِيْرَةِ الَأُوْلٰى. رَوَاهُ الطَّحَاوِيُّ وَأَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَالْبَيْهَقِيُّ فِي الْمَعْرِفَةِ وِسَنَدُهُ صَحِيْحٌ

“Dari Mujāhid: Aku pernah bersalat di belakang arat ‘Umarra dan beliau sama sekali tidak mengangkat tangan, kecuali pada takbir pertama ketika salat.” – Ini diriwayatkan a-aḥāwī, Abū Bakr b. Abū Syaibah, dan al-Baihaqī dalam Ma‘rifat as-Sunan wa al-Ātsār, sanadnya sahih.

عَنْ إِبْرَاهِيْمَ، قَالَ: كَانَ عَبْدُ اللّٰهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ لَا يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِيْ شَيْءٍ مِّنَ الصَّلَاةِ إِلَّا فِي الْاِفْتِتَاحِ. رَوَاهُ الطَّحَاوِيُّ وَابْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَإِسْنَادُهُ مُرْسَلٌ جَيِّدٌ

“Dari Ibrāhīm an-Nakha‘ī: arat ‘Abdullāh b. Mas‘ūdra senantiasa tidak mengangkat tangan dalam gerakan salat apapun, kecuali pada permulaan.” – Ini diriwayatkan a-aḥāwī dan Abū Bakr b. Abū Syaibah serta isnadnya mursal jayyid

عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، قَالَ: كَانَ أَصْحَابُ عَبْدِ اللّٰهِ وَأَصْحَابُ عَلِيٍّ لَّا يَرْفَعُوْنَ أَيْدِيَهُمْ إلَّا فِيْ افْتِتَاحِ الصَّلَاةِ. قَالَ وَكِيْعٌ: ثُمَّ لَا يَعُوْدُوْنَ. رَوَاهُ أَبُوْ بَكْرِ بْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَإِسْنَادُهُ صَحِيْحٌ

“Dari Abū Isḥāq, ia berkata: Murid-murid arat ‘Abdullāh b. Mas‘ūdra dan arat ‘Alīra tidak mengangkat tangan, kecuali pada permulaan salat. Wakī‘ menambahkan: Kemudian, mereka tidak mengulanginya.” – Ini diriwayatkan Abū Bakr b. Abū Syaibah dan isnadnya sahih

قَالَ النَّيْمَوِيُّ: الصَّحَابَةُ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَمَنْ بَعْدَهُمْ مُخْتَلِفُوْنَ فِيْ هٰذَا الْبَابِ، وَأَمَّا الْخُلَفَاءُ الْأَرْبَعَةُ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ فَلَمْ يَثْبُتْ عَنْهُمْ رَفْعُ الْأَيْدِيِ فِيْ غَيْرِ تَكْبِيْرَةِ الْإِحْرَامِ.

“An-Naimawī berkata: Para Sahabatra dan orang-orang setelah mereka bersilang pendapat mengenai hal ini. Adapun al-Khulafā’ ar-Rāsyidūnra, mereka tidak terbukti mengangkat tangan selain pada takbīratu-l’irām.”

Jakarta, 15 Januari 2016, 14.05 WIB

Iffat Aulia Ahmad


---0---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar