Jumat, 15 Januari 2016

Mengangkat Tangan (Raf‘ al-Yadain) ketika Salat

نحمده ونصلي على رسوله الكريم
   بسم الله الرحمن الرحيم
وعلى عبده المسيح الموعود

Mengangkat Tangan (Raf‘ al-Yadain) ketika Salat


Jamaah Muslim Ahmadiyah secara garis besar mengikuti Mazhab Hanafi dalam permasalahan-permasalahan fikih, termasuk fikih salat. Salah satu perbedaan yang mencirikan kaifiat salat Mazhab Ḥanafī – juga Mazhab Mālikī – dengan kedua mazhab lain, yaitu Syāfi‘ī dan Ḥanbalī, adalah permasalahan raf‘ al-yadain atau mengangkat tangan ketika salat. Mazhab Ḥanafī dan Mazhab Mālikī menyatakan bahwa muṣallī (orang yang bersalat) cukup mengangkat tangan pada takbīrat-ul-iḥrām, sedangkan Mazhab Syāfi‘ī dan Mazhab Ḥanbalī menekankan muṣallī untuk mengangkat tangan pada takbīrat-ul-iḥrām, rukuk, dan iktidal. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin mengetengahkan dalil-dalil Mazhab Ḥanafī tentang meninggalkan raf‘ al-yadain selain pada takbīrat-ul-iḥrām yang diambil dari kitab Ātsār as-Sunan (cetakan Maktabah al-Busyrā, Karachi, 2011 M/1432 H) karangan Muḥammad bin ‘Alī An-Naimawī (w. 1322 H), seorang alim Mazhab Ḥanafī dari Hindustan, di bawah bab “Meninggalkan Raf‘ al-Yadain selain pada Pembukaan”.

عَنْ عَلْقَمَةَ، قَالَ: قَالَ عَبْدُ اللّٰهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ: أَلَا أُصَلِّيْ بِكُمْ صَلَاةَ رَسُوْلِ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ فَصَلّٰى فَلَمْ يَرْفَعْ يَدَيْهِ إِلَّا فِيْ أَوَّلِ مَرَّةٍ. وهو حديث صحيح

“Dari ‘Alqamah bin Qais, dia berkata: Ḥaḍrat ‘Abdullāh bin Mas‘ūdra berkata: Maukah kalian melihat Aku bersalat seperti Ḥaḍrat RasūlullāhSAW bersalat? Kemudian, beliau pun bersalat dan beliau tidak mengangkat tangan, kecuali pada kesempatan pertama.” – Ini adalah hadis yang sahih

عَنْ الْأَسْوَدِ، قَالَ: رَأَيْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِيْ أَوَّلِ تَكْبِيْرَةٍ. رواه الطحاوي وأبو بكر بن أبي شيبة وهو أثر صحيح

“Dari Al-Aswad bin Yazīd, dia berkata: Aku pernah melihat Ḥaḍrat ‘Umarra mengangkat tangan pada takbir pertama.” – Ini diriwayatkan Aṭ-Ṭaḥāwī dan Abū Bakr bin Abī Syaibah serta merupakan atsar yang sahih

عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، أَنَّ عَلِيًّا كَانَ يَرْفَعُ يَدَيْهِ إذَا افْتَتَحَ الصَّلَاةَ ثُمَّ لَا يَعُودُ. رواه الطحاوي وأبو بكر بن أبي شيبة والبيهقي وإسناده صحيح

“Dari ‘Āṣim bin Kulaib, dari ayahnya: Bahwa Ḥaḍrat ‘Alīra senantiasa hanya mengangkat tangan pada takbir yang pertama lalu tidak mengulanginya.” – Ini diriwayatkan Aṭ-Ṭaḥāwī, Abū Bakr bin Abī Syaibah, dan Al-Baihaqī serta isnadnya sahih

عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ ابْنِ عُمَرَ فَلَمْ يَكُنْ يَّرَفَعْ يَدَيِهْ إِلَّا فِيْ التَكْبِيْرَةِ الَأُوْلٰى. رواه الطحاوي وأبو بكر بن أبي شيبة والبيهقي في المعرفة وسنده صحيح

“Dari Mujāhid: Aku pernah bersalat di belakang Ḥaḍrat ‘Umarra dan beliau sama sekali tidak mengangkat tangan, kecuali pada takbir pertama ketika salat.” Ini diriwayatkan Aṭ-Ṭaḥāwī, Abū Bakr bin Abī Syaibah, dan Al-Baihaqī dalam Ma‘rifatu as-Sunan Wa al-Ātsār, sanadnya sahih.

عَنْ إِبْرَاهِيْمَ، قَالَ: كَانَ عَبْدُ اللّٰهِ بْنُ مَسْعُوْدٍ لَا يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِيْ شَيْءٍ مِّنَ الصَّلَاةِ إِلَّا فِي الْاِفْتِتَاحِ.  رواه الطحاوي وابن أبي شيبة وإسناده مرسل جيد

“Dari Ibrāhīm An-Nakha‘ī: Ḥaḍrat ‘Abdullāh bin Mas‘ūdra senantiasa tidak mengangkat tangan dalam gerakan salat apapun, kecuali pada pembukaan.” Ini diriwayatkan Aṭ-Ṭaḥāwī dan Abū Bakr bin Abī Syaibah serta isnadnya mursal jayyid

عَنْ أَبِيْ إِسْحَاقَ، قَالَ: كَانَ أَصْحَابُ عَبْدِ اللّٰهِ وَأَصْحَابُ عَلِيٍّ لَّا يَرْفَعُوْنَ أَيْدِيَهُمْ إلَّا فِيْ افْتِتَاحِ الصَّلَاةِ. قَالَ وَكِيْعٌ: ثُمَّ لَا يَعُوْدُوْنَ. رواه أبو بكر بن أبي شيبة وإسناده صحيح

“Dari Abū Isḥāq, dia berkata: Murid-murid Ḥaḍrat ‘Abdullāh bin Mas‘ūdra dan Ḥaḍrat ‘Alīra tidak mengangkat tangan, kecuali pada pembukaan salat. Wakī‘ menambahkan: Kemudian, mereka tidak mengulanginya.” – Ini diriwayatkan Abū Bakr bin Abī Syaibah dan isnadnya sahih

قال النيموي: الصحابة رضي اللّٰه عنهم ومن بعدهم مختلفون في هذا الباب، وأما الخلفاء الأربعة رضي اللّٰه عنهم فلم يثبت عنهم رفع الأيدي في غير تكبيرة الإحرام.

“An-Naimawī berkata: Para Sahabatra dan orang-orang setelah mereka bersilang pendapat mengenai hal ini. Adapun Al-Khulafā’ Ar-Rāsyidūnra, mereka tidak terbukti mengangkat tangan selain pada takbīrat-ul-iḥrām.”

Jakarta, 15 Januari 2016, 14.05 WIB

Iffat Aulia Ahmad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar