Kamis, 19 November 2015

Sunah Iqamat

نحمده ونصلي على رسوله الكريم
   بسم الله الرحمن الرحيم
وعلى عبده المسيح الموعود

Sunah Iqamat


حدثنا عبد اللّٰه بن مسلمة؛ حدثنا عبد اللّٰه بن عمر بن غانم؛ عن عبد الرحمن بن زياد يعني الأفريقي، أنه سمع زياد بن نعيم الحضرمي، أنه سمع زياد بن الحارث الصدائي، قال: لَمَّا كَانَ أَوَّلُ أَذَانِ الصُّبْحِ، أَمَرَنِيْ يَعْنِيْ النَّبِيَّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَأَذَّنْتُ، فَجَعَلْتُ أَقُوْلُ: أُقِيْمُ يَا رَسُوْلَ اللّٰهِ؟ فَجَعَلَ يَنْظُرُ إِلٰى نَاحِيَةِ الْمَشْرِقِ إِلَى الْفَجْرِ، فَيَقُوْلُ: لَا. حَتّٰى إِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ نَزَلَ فَبَرَزَ ثُمَّ انْصَرَفَ إِلَيَّ وَقَدْ تَّلَاحَقَ أَصْحَابُهُ يَعْنِيْ فَتَوَضَّأَ، فَأَرَادَ بِلَالٌ أَنْ يُّقِيْمَ، فَقَالَ لَهُ نَبِيُّ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أَخَا صُدَاءٍ هُوَ أَذَّنَ، وَمَنْ أَذَّنَ فَهُوَ يُقِيْمُ. قَالَ: فَأَقَمْتُ.

“‘Abdullāh bin Maslamah menceritakan kepada Kami; ‘Abdullāh bin ‘Umar bin Ghānim menceritakan kepada Kami; dari ‘Abd-ur-Raḥmān bin Ziyād Al-Ifrīqī, bahwa dia mencengar Ziyād bin Nu‘aim Al-Ḥaḍramī, bahwa dia mendengar Ḥaḍrat Ziyād bin Al-Hārits Aṣ-Ṣudā’īra, beliau berkata: Ketika azan subuh pertama kali diperkenalkan, Ḥaḍrat NabiSAW memerintahkanku untuk berazan. Aku pun berazan. Kemudian, Aku mulai bertanya: Haruskah Aku beriqamat sekarang? Beliau mulai menoleh ke arah timur lalu menjawab: Tidak. Ketika fajar telah menyingsing, beliau turun dan berwudu, sedangkan para Sahabatra telah berkumpul. Kemudian, Ḥaḍrat Bilālra hendak beriqamat. Ḥaḍrat NabiSAW pun bersabda kepadanya: Sesungguhnya, saudara kita dari Ṣudā’, dialah yang telah berazan. Siapa yang berazan, dialah yang beriqamat Ḥaḍrat Ziyādra berkata: Kemudian, Aku pun beriqamat.”

[Sunan Abī Dāwūd, Kitāb aṣ-Ṣalāh, Bāb ar-Rajul Yu’adzdzinu Wa Yuqīmu Ākhar, no. 514]

Dari hadis di atas, dapat ditarik dua pelajaran (fiqh al-ḥadīts):

1. Orang yang hendak beriqamat tidak bisa beriqamat dengan sendirinya, tetapi dengan seizin imam.

2. Orang yang hendak beriqamat haruslah dia yang berazan.

Sepanjang pengamatan dan pengalaman penulis, sunah yang terkandung dalam hadis di atas hanya dilestarikan oleh Jamaah Muslim Ahmadiyah, tidak di tempat-tempat lain.

Bogor, 18 November 2015/6 Ṣafar 1437 H

2 komentar:

  1. Masya Allah. jzkllah atas pencerahannya...

    BalasHapus
  2. Luar biasa. Keep posting ya, Akh NZ. JzKml-Lh ahsnl-Jz.

    BalasHapus