Rabu, 03 Desember 2014

Pembahasan Hadis-Hadis Diangkatnya ‘Īsā (as) ke Langit

نحمده ونصلي على رسوله الكريم
   بسم الله الرحمن الرحيم
وعلى عبده المسيح الموعود

Pembahasan Hadis-Hadis Diangkatnya ‘Īsāas ke Langit


Pada beberapa waktu lalu, Kami pernah menuliskan pembahasan mengenai hadis-hadis dan atsar-atsar yang dipergunakan oleh para penentang Jemaat Muslim Ahmadiyah untuk membatilkan pendakwaan Ḥaḍrat Mīrzā Ghulām Aḥmad Al-Qādiānīas menyoal kewafatan Nabi ‘Īsā Al-Masīḥas. Tulisan itu dapat dilihat di sini. Namun, hadis-hadis yang Kami bahas pada tempo hari hanya berkutat pada turunnya Al-Masīḥas dari langit, sedangkan atsar-atsar-nya memperbincangkan kenaikan beliau ke langit. Pada kesempatan kali ini, Kami akan mengulas hadis-hadis yang secara eksplisit menyebutkan naiknya beliau ke langit. Semoga bermanfaat!

1. Al-Ḥāfiẓ Ibnu ‘Asākir meriwayatkan dalam Tārīkhu Madīnati Dimasyq[1] dari jalur Al-Khaṭib Al-Baghdādī dalam Tārīkhu Baghdād[2]:

أخبرنا أبو الحسن بن قبيس وأبو منصور بن خيرون؛ أنبأنا أبو بكر الخطيب؛ أخبرني الحسن بن محمد الخلال؛ حدثنا أبو حصين ضياء بن محمد الكوفي بها؛ حدثنا الحسين بن مرزوق؛ حدثنا علي بن الحسن بن محمد بن سعيد بن عثمان العكبري؛ حدثنا إبراهيم بن عبد اللّٰه الطرسوسي؛ حدثني بلال خادم أنس بن مالك؛ عن أنس بن مالك، قال: قال رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم: لَمَّا اجْتَمَعَتِ الْيَهُوْدُ عَلٰى أَخِيْ عِيْسٰى ابْنِ مَرْيَمَ لِيَقْتُلُوْهُ بِزَعْمِهِمْ، أَوْحَى اللّٰهُ إِلٰى جِبْرِيْلَ أَنْ أَدْرِكْ عَبْدِيْ! فَهَبَطَ جِبْرِيْلُ، فَإِذَا هُوَ بِسَطْرٍ فِيْ جَنَاحِ جِبْرِيْلَ فِيْهِ مكْتُوْبٌ: لَا إِلٰهَ إِلَّا اللّٰهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ. قَالَ: قَالَ: يَا عِيْسٰى! قُلْ! قَالَ: وَمَا أَقُوْلُ يَا جِبْرِيْلُ؟ قَالَ: قُلْ: اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِاسْمِكَ الْوَاحِدِ الأَحَدِ، أَدْعُوْكَ اللّٰهُمَّ بِاسْمِكَ الصَّمَدِ، أَدْعُوْكَ اللّٰهُمَّ بِاسْمِكَ الْعَظِيْمِ الْوِتْرِ الَّذِيْ مَلَأَ الأَرْكَانَ كُلَّهَا، لا فَرَّجْتَ عَنِّيْ مَا أَمْسَيْتُ فِيْهِ وَأَصْبَحْتُ فِيْهِ. قَالَ: فَدَعَا بِهَا عِيْسٰى، فَأَوْحَى اللّٰهُ إِلٰى جِبْرِيْلَ أَنِ ارْفَعْ إِلَيَّ عَبْدِيْ! ثم التفت رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم إلى أصحابه، فقال: يَا بَنِيْ هَاشِمٍ! يَا بَنِيْ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ! يَا بَنِيْ عَبْدِ مَنَافٍ! ادْعُوْا رَبَّكُمْ بِهَؤُلاءِ الْكَلِمَاتِ! وَالَّذِيْ بَعَثَنِيْ بِالْحَقِّ نَبِيًّا! مَا دَعَا بِهَا قَوْمٌ قَطُّ إِلا اهْتَزَّ لَهُ الْعَرْشُ وَالسَّمَوَاتُ السَّبْعُ وَالأَرْضُوْنَ السَّبْعُ.

“Abū al-Ḥasan bin Qubais dan Abū Manṣūr bin Khairūn mengabarkan kepada Kami; Abū Bakr Al-Khaṭib Al-Baghdādī memberitakan kepada Kami; Al-Ḥasan bin Muḥammad Al-Khallāl mengabarkan kepadaku; Abū Ḥaṣīn Ḍiyā’ bin Muḥammad Al-Kūfī di Kufah mengabarkan kepada Kami; Al-Ḥusain bin Marzūq menceritakan kepada Kami; ‘Alī bin Al-Ḥasan bin Muḥammad bin Sa‘īd bin ‘Utsmān Al-‘Ukbarī menceritakan kepada Kami; Ibrāhīm bin ‘Abdillāh Aṭ-Ṭarsūsī menceritakan kepada Kami; Bilāl pembantu Ḥaḍrat Anas bin Mālikra menceritakan kepadaku; dari Ḥaḍrat Anas bin Mālikra, beliau berkata: Ḥaḍrat RasūlullāhSAW bersabda: Ketika orang-orang Yahudi tengah berkumpul untuk membunuh saudaraku, ‘Īsāas, menurut persangkaan mereka, Allah mewahyukan kepada Jibrīlas: Temuilah hamba-Ku! Jibrīlas pun turun. Ada tertulis pada sebuah baris di sayap Jibrīl: Tidak ada tuhan selain Allah, MuḥammadSAW adalah utusan Allah. Jibrīlas berkata: Wahai ‘Īsāas! Katakanlah! ‘Īsāas bertanya: Wahai Jibrīlas! Apa yang harus Aku katakan? Jibrīlas menjawab: Katakanlah! Wahai Allah! Aku memohon kepada-Mu dengan nama-Mu Yang Maha Satu dan Yang Maha Tunggal. Aku berdoa kepada-Mu, wahai Allah, dengan nama-Mu Yang dengan-Mu sajalah segala sesuatu bergantung! Aku berdoa kepada-Mu, wahai Allah, dengan nama-Mu Yang Maha Agung dan Yang Maha Tunggal yang memenuhi seluruh penjuru. Ḥaḍrat RasūlullāhSAW bersabda: Lantas, ‘Īsāas berdoa dengan doa itu. Kemudian, Allāh mewahyukan kepada Jibrīlas: 
Angkatlah hamba-Ku kepada-Ku! Kemudian, Ḥaḍrat RasūlullāhSAW menoleh kepada para Sahabatra beliau lalu berkata: Wahai Banī Hāsyim! Wahai Banī ‘Abd-ul-Muṭallib! Wahai Banī ‘Abdi Manāf! Berdoalah kepada Tuhan kalian dengan kalimat-kalimat itu! Demi Dzat Yang membangkitkanku sebagai seorang nabi dengan kebenaran! Tidak ada satupun kaum yang berdoa dengannya, kecuali ‘Arsy, tujuh langit, dan tujuh bumi berguncang untuknya.”

Sayangnya, lagi-lagi para penentang Jemaat tidak berterus terang menyampaikan derajat hadis ini. Seandainya mereka mengutarakan hal itu, niscaya maksud mereka tidak akan tersampaikan, sebab hadis di atas sangatlah lemah dan bahkan mauḍū‘. Berikut ini Saya kutipkan komentar-komentar para muḥaddits mengenainya:

1. Syams-ud-Dīn Adz-Dzahabī
إسناده ظلمات.

“Sanadya gelap.”[3]

2. Abū al-Faraj Ibnu al-Jauzī

هذا حديث لا يصح عن رسول اللّٰه وعامة رواته مجاهيل لا يعرفون.

“Ini merupakan sebuah hadis yang tidak sahih dari Ḥaḍrat RasūlullāhSAW dan kebanyakan perawinya majhūl lagi tidak dikenal.”[4]

3. Jalāl-ud-Dīn As-Suyūṭī

في هذا الإسناد مجاهيل.

“Terdapat orang-orang majhul di dalam sanad ini.”[5]

4. Ibnu ‘Irāq Al-Kinānī

وعامة رواته مجاهيل.

“Kebanyakan perawinya majhūl.”[6]

Kami kira penjelasan lebih lanjut tidak diperlukan.

Ibnu ‘Asākir mencatat lagi hadis semisal ini masih dalam Tārīkhu Madīnati Dimasyq[7] yang diikuti oleh Aḍ-Ḍiyā’ Al-Maqdisī dalam Al-‘Uddah Li al-Karb Wa asy-Syiddah[8], tetapi sanadnya mu‘ḍal alias terputus jauh dari Nabi SuciSAW sebab berpangkal pada Ma‘rūf Al-Karkhī yang wafat pada 200 H[7].

2. Ad-Dailamī meriwayatkan dalam Firdaus al-Akhbār[10] dengan ta‘līq yang dinukil oleh Al-Muttaqī Al-Hindī dalam Kanz al-‘Ummāl[11] dari Ḥaḍrat Anasra, dari Ḥaḍrat NabiSAW:

كَانَ طَعَامُ عِيْسٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ البَاقِلَاءَ حَتّٰى رُفِعَ، وَلمَ يَكُنْ يَّأكُلُ شَيْئًا غَيَّرَتْهُ النَّارُ حَتّٰى رُفِعَ.

“Makanan ‘Īsāas hingga diangkat adalah kacang-kacangan. Beliau tidak pernah memakan satupun makanan yang dimasak dengan api hingga diangkat.”

Hadis ini dalam bentuk musnad atau bersambung disebutkan oleh putra beliau dalam Musnad ad-Dailamī:

أخبرناه أبي ومحمد بن طاهر الحافظ؛ قالا: أخبرنا أبو إسحاق الطياني؛ أخبرنا أبو إسحاق بن خورشيد؛ قوله: أخبرنا أبو سعيد الأعرابي؛ حدثنا إبراهيم بن الوليد الجشاش؛ حدثنا عبد اللّٰه بن عمر الغداني؛ حدثنا هشام بن عبيد اللّٰه؛ عن عطاء بن أبي ميمونة، عن أنس.

“Ayahku dan Muḥammad bin Ṭāhir Al-Ḥāfiẓ mengabarkan hadis ini kepadaku; mereka berdua berkata: Abū Isḥāq Aṭ-Ṭayyānī mengabarkan kepada Kami; Abū Isḥāq bin Khūrsyīd mengabarkan kepada Kami; dia berkata: Abū Sa‘īd Al-A‘rābī mengabarkan kepada Kami; Ibrāhīm bin al-Walīd Al-Jasysyāsy menceritakan kepada Kami; ‘Abdullāh bin ‘Umar Al-Ghaddānī menceritakan kepada Kami; Hisyām bin ‘Ubaidillāh menceritakan kepada Kami; dari ‘Aṭā’ bin Abī Maimūnah, dari Ḥaḍrat Anasra.”

Sanad ini lemah karena faktor Hisyām bin ‘Ubaidillāh Ar-Rāzī. Ibnu Ḥibbān berkata:

كان يهم في الروايات ويخطئ إذا روى عن الأثبات، فلما كثر مخالفته الأثبات بطل الاحتجاج به.

“Dia seringkali ragu dalam riwayat-riwayat dan keliru jika meriwayatkan dari orang-orang yang tsabat. Ketika perselisihannya dengan orang-orang yang tsabat telah terhitung banyak, berhujah dengannya menjadi batil.”[12]

Ibnu al-Jauzī, berdasarkan keterangan Ibnu Ḥibbān di atas, menggolongkan Hisyām bin ‘Ubaidillāh Ar-Rāzī ke dalam kelompok perawi-perawi yang lemah[13]. Di tempat tempat, Al-‘Ijlī juga melemahkannya[14]. Ini diikuti pula oleh Aṣ-Ṣaimarī yang mengatakan bahwa dia rapuh dalam periwayatan hadis[15].

‘Aṭā’ bin Abī Maimūnah di sini merupakan seorang tsiqah[16] ḥujjah[17], hadis dikeluarkan oleh Al-Bukhārī dan Muslim[18]. Dengan demikian, riwayat Hisyām darinya ini batil menurut perkataan Ibnu Ḥibbān.

Adalah satu hal yang ajaib bahwa terdapat perbedaan pelakuan dari para penentang Jemaat Muslim Ahmadiyah terhadap Nabi Muḥammad Khātam-un-NabiyyīnSAW dan Nabi ‘Īsā Isrā’īlīas. Ketika Nabi SuciSAW ditimbun dengan jeroan unta sewaktu bersujud, ketika beliau dilempari pasir sewaktu berslat, ketika beliau berdarah dan pingsan di Bukit Uḥud, mereka beranggapan bahwa tidak incumbent bagi NabiSAW supaya beliau diangkat ke langit dan dijauhkan dari mara bahaya yang ditimbulkan musuh seolah-olah Allah tidak mempedulikan beliau. Namun, berkenaan dengan Al-Masīḥ An-Nāṣirīas, baru sekali saja orang-orang Yahudi berkehendak untuk menangkap beliau, mereka langsung mengutarakan bahwa beliau tidak boleh sedikitpun terluka dan, dengan demikian, Allah Taala wajib mengangkat beliau ke hadirat-Nya layaknya seorang yang paling terkasih. Inilah yang terjadi dalam tubuh orang-orang yang menamakan diri mereka sebagai para pengikut MuḥammadSAW. Mengenai mereka, Ḥaḍrat Masīḥ Mau‘ūdas memaparkan satu proklamasi yang padat, ringkas, lagi mengena:

أَلِرَسُوْلِنَا الْمَوْتُ وَالْحَيَاةُ لِعِيْسٰى؟ تِلْكَ إِذًا قِسْمَةٌ ضِيْزٰى!

“Apakah bagi Rasul kitaSAW disediakan kematian, sedangkan kehidupan hanya diperuntukkan bagi ‘Īsāas? Jika demikian, maka hal itu merupakan sebuah pembagian yang teramat curang!”

Semoga kita semua dihindarkan dari segala tindakan yang, baik secara terang-terangan maupun terselubung, merendahkan derajat Sayyidu Wuldi ĀdamSAW. Āmīn Tsumma Āmīn!

[1] Al-Ḥāfiẓ Ibnu ‘Asākir, Tārīkhu Madīnati Dimasyq v. 47 (Beirut: Dār al-Fikr, 1997 M/1471 H), hh. 471-472.

[2] Al-Khaṭib Al-Baghdādī, Tārīkhu Baghdād v. 13 (Beirut: Dār Al-Gharb Al-Islāmī, 2001 M/1422 H), h. 308.

[3] Syams-ud-Dīn Adz-Dzahabī, Tartīb al-Mauḍū‘āt (Beirut: Dār Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah, 1994 M/1415 H), hh. 278-279, no. 997.

[4] Abū al-Faraj Ibnu al-Jauzī, Al-Mauḍū‘āt Min Al-Aḥādīts Al-Marfū‘ah v. 3 (Riyadh: Maktabah Aḍwā’ as-Salaf, 1997 M/1418 H), hlm. 430, Kitāb ad-Du‘ā, Bāb Du‘ā’u ‘Īsāas Ḥīna Rufi‘a, no. 1662.

[5] Jalāl-ud-Dīn As-Suyūṭī, Al-La’ālī Al-Maṣnū‘ah Fī Al-Aḥādīts Al-Mauḍū‘ah v. 2 (Beirut: Dār al-Ma‘rifah, 1975 M/1395 H), h. 349.

[6] Ibnu ‘Irāq Al-Kinānī, Tanzīh Asy-Syarī‘ah Al-Marfū‘ah ‘An Al-Aḥadīts Asy-Syanī‘ah Al-Mauḍū‘ah v. 2 (Beirut:, Dār Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah, 1981 M/1401 H), h. 320, Kitāb adz-Dzikr Wa ad-Du‘ā, Al-Faṣl Al-Awwal, no. 5.

[7] Al-Ḥāfiẓ Ibnu ‘Asākir, op. cit., hh. 472-473.

[8] Aḍ-Ḍiyā’ Al-Maqdisī, Al-‘Uddah Li al-Karb Wa asy-Syiddah (Kairo: Dār al-Musykilah, 1994 M/1414 H), h. 104, no. 56.

[9] Ibnu Khalikān, Wafayāt al-A‘yān Wa Anbā’u Abnā’ az-Zamān v. 5 (Beirut: Dār Ṣādir, 1979 M), h. 233.

[10] Syīrawaih bin Syahradār Ad-Dailamī, Firdaus al-Akhbār v. 3 (Beirut: Dār Al-Kitāb Al-‘Arabī, 1987 M/1407 H), h. 322, Bāb Al-Kāf, no. 4850.

[11] Al-Muttaqī Al-Hindī, Kanz al-‘Ummāl Fī Sunan al-Aqwāl Wa al-Af‘āl v. 11 (Beirut: Mu’assasat ar-Risālah, 1985 M/1405 H), h. 504, Kitāb Al-Faḍā’il Min Qism al-Af‘āl, Al-Bāb Ats-Tsānī Fī Faḍā’ili Sā’ir al-Anbiyā’, no. 32357.

[12] Ibnu Ḥibbān, Al-Majrūḥīn v. 3 (Beirut: Dār al-Ma‘rifah, 1992 M/1412 H), h. 90.

[13] Abū al-Faraj Ibnu al-Jauzī, Aḍ-Ḍu‘afā’ Wa Al-Matrūkīn v. 3 (Beirut: Dār Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah, 1986 M/1406 H), h. 175.

[14] Aḥmad bin ‘Abdillāh bin Ṣāliḥ Al-‘Ijlī, Ma‘rifat ats-Tsiqāt v. 2 (Madinah: Maktabah ad-Dār, 1985 M/1415 H), h. 331.

[15] Ibnu Abī al-Wafā’ Al-Ḥanafī, Al-Jawāhir Al-Muḍiyyah Fī Ṭabaqāt al-Ḥanafiyyah v. 3 (Beirut: Hijr, 1993 M/1413 H), h. 569.

[16] Ibnu Ḥajar Al-‘Asqalānī, Taqrīb at-Tahdzīb (Riyadh: Dār al-‘Āṣimah, 1416 H), h. 679.

[17] Syams-ud-Dīn Adz-Dzahabī, Siyar A‘lām an-Nubalā’ v. 6 (Beirut: Mu’assasat ar-Risālah, 1996 M/1417 H), h. 47.

[18] Syams-ud-Dīn Adz-Dzahabī, Mīzān al-I‘tidāl Fī Naqd ar-Rijāl v. 5 (Beirut: Dār Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah, 1995 M/1416 H), h. 96.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar