Kamis, 04 September 2014

Kewafatan Nabī ‘Īsā (as) dalam Pandangan Imam Mālik bin Anas (rh)

نحمده ونصلي على رسوله الكريم
   بسم الله الرحمن الرحيم
وعلى عبده المسيح الموعود

Kewafatan Nabī ‘Īsāas dalam Pandangan Imam Mālik bin Anasrh

Salah satu dari keempat Imam yang masyhur adalah Mālik bin Anasrh. Beliau dikenal sebagai Imām Dār al-Hijrah atau ‘Imam Tempat Hijrah Nabi MuammadSAW (Madinah al-Munawwarah)’. Sebagai salah satu pendiri mazhab fikih, yaitu Mazhab Mālikī, beliau menempati posisi sebagai mujtahid mulaq mustaqill. Keilmuan beliau sudah tidak diragukan lagi. Beliau digambarkan Imam Asy-Syāfi‘īrh sebagai bintang bagi para ulama dan hujah Allah atas manusia setelah Tabiin. Di antara lautan kelimuan beliau yang amat luas itu, ada satu titik yang menarik yang jarang disinggahi orang, yaitu perihal kewafatan Al-MasīḥĪsā bin Maryamas. Beliau, sebagaimana direkam oleh para ahli ilmu Mazhab Mālikī dalam kitab-kitab mereka yang muktabar, dengan jelas menyatakan bahwa ‘Īsāas wafat pada usia 33 tahun. Di bawah ini, akan Kami sajikan beberapa keterangan dari para sarjana Mazhab Mālikī berserta scan asli dari kitab-kitab mereka berkenaan dengan topik ini.

1. Imam Abū al-Walīd Muammad bin Amad bin Rusyd Al-Jadd Al-Qurtubī (w. 520 H) menyatakan dalam Al-Bayān At-Taḥṣīl Wa At-Taujīh Wa At-Taʻlīl Fī Masā’il al-Mustakhrajah yang adalah syarah beliau terhadap Al-Mustakhrajah[1] karangan Imam Al-‘Utbī:

ويحتمل أن يكون معنى قوله بل رفعه اللّٰه إليه، أي رفع روحه إليه بعد أن مات ويحييه في آخر الزمان فينزله إلى الأرض على ما جاءت به الآثار، فيكون قول مالك على هذا: ومات وهو ابن ثلاث وثلاثين سنة، على الحقيقة لا على المجاز.


“Mungkin makna firman-Nya, ‘Sebaliknya, Allah mengangkatnya kepada-Nya,’ adalah mengangkat ruhnya kepada-Nya setelah beliau wafat dan menghidupkannya kembali pada akhir zaman lalu menurunkannya kembali ke muka bumi sebagaimana diterangkan oleh atsar-atsar. Dengan demikian, perkataan Mālik tentang hal ini, ‘Beliau (‘Īsāas)  wafat pada usia 33 tahun,’ adalah dalam bentuk denotasi, bukan konotasi.”


2. Al-Qāḍī Abū Muḥammad ʻAbd-ul-Ḥaqq bin Ghālib bin ʻAṭīyyah Al-Andalusī Al-Muḥāribī (w. 542 H) menulis dalam tafsir beliau, Al-Muḥarrar Al-Wajīz Fī Tafsīr Al-Kitāb Al-‘Azīz[2]:

وقال مالك في جامع العتبية: مات عيسى وهو ابن ثلاث وثلاثين سنة.

“Mālikrh berkata dalam Jāmi‘ al-‘Utbiyyah, ‘Nabi ‘Īsāas wafat pada usia 33 tahun.”


3. Imam Abū ʻAbdillāh Muammad bin Khalīfah Al-Wasytānī Al-Ubbī Al-Mālikī (w. 827 H) menulis dalam Ikmālu Ikmāl al-Mu‘lim Bi Fawā’idi Muslim[3]:

وفي العتبية قال مالك: مات عيسى ابن ثلاث وثلاثين سنة. قال ابن رشد: يعني موته: خروجه من عالم الأرض إلى عالم السماء. قال: ويحتمل أنه مات حقيقة، ويحيا في آخر الزمان، إذ لا بدّ من نزوله لتواتر الأحاديث بذلك.


“Dalam Al-‘Utbiyyah, Mālikrh berkata, ‘Nabi ‘Īsāas wafat pada usia 33 tahun.’ Ibnu Rusyd berkata, ‘Kewafatan beliau bermakna keluarnya beliau dari alam ardi ke alam samawi.’ Ibnu Rusyd berkata lagi, ‘Mungkin beliau telah wafat secara denotatif dan akan dihidupkan kembali kelak pada akhir zaman karena turunnya beliau ini bersifat pasti mengacu pada hadis-hadis yang memperbincangkannya yang berstatus mutawātir.’”


4. Asy-Syaikh Muḥammad Ṭāhir bin ‘Alī A-iddīqī Al-Fattanī Al-Hindī Al-Ghujrātī (w. 986 H) dalam Majmaʻu Biḥār al-Anwār Fī Gharāʼib at-Tanzīl Wa Laṭāʼif al-Akhbār[4] yang merupakan sebuah kamus yang memuat penjelasan terhadap kata-kata asing dalam Alquran dan hadis menulis:

وقال مالك: مات وهو ابن ثلاث وثلاثين سنة. ولعله أراد رفعه إلى السماء أو حقيقته ويحيى آخر الزمان لتواتر خبر النزول.


“Mālikrh berkata, ‘Beliau (‘Īsāas) wafat pada usia 33 tahun.’ Mālikrh mungkin memaksudkan kewafatan itu dengan terangkatnya ‘Īsāas ke langit atau kewafatan secara denotatif lalu beliau akan dihidupkan lagi kelak pada akhir zaman karena hadis mengenai turunnya beliau itu berstatus mutawātir.”


[1] Abū al-Walīd Muammad bin Amad bin Rusyd Al-Jadd Al-Qurtubī, Al-Bayān At-Taḥṣīl Wa At-Taujīh Wa At-Taʻlīl Fī Masā’il al-Mustakhrajah (Beirut: Dār Al-Gharb Al-Islāmī, 1998 M), h. 449.

[2] Al-Qāḍī Abū Muammad ʻAbd-ul-aqq bin Ghālib bin ʻAṭīyyah Al-Andalusī Al-Muḥāribī, Al-Muarrar Al-Wajīz Fī Tafsīr Al-Kitāb Al-‘Azīz (Beirut: Dār Ibni Ḥazm, 2002 M), h. 308.

[3] Abū ʻAbdillāh Muammad bin Khalīfah Al-Wasytānī Al-Ubbī Al-Mālikī, Ikmālu Ikmāl al-Mu‘lim Bi Fawā’idi Muslim (Kairo: Maṭbā‘ah as-Sa‘ādah, 1909 M), h. 265.

[4] Muḥammad Ṭāhir bin ‘Alī A-iddīqī Al-Fattanī Al-Hindī Al-Gujrātī, Majmaʻu Biḥār al-Anwār Fī Gharāʼib at-Tanzīl Wa Laṭāʼif al-Akhbār (Lucknow: Nawam Kisyawr, 1897 M), h. 286.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar